Manfaat Pendidikan Online

Hingga saat ini, telah dilaporkan bahwa lebih dari 4 juta siswa saat ini terdaftar di berbagai sekolah dan universitas online. Apalagi jumlahnya meningkat sekitar 30% setiap tahun. Pasti ada sesuatu dalam pendidikan online yang menarik semua siswa ini.

Beberapa pakar mengaitkan peningkatan yang cukup besar ini dengan peningkatan keseluruhan sederhana dari populasi umum pada umumnya. Apapun ceritanya, tidak bisa dipungkiri juga bahwa mahasiswa online ini pasti punya alasannya masing-masing.

Penjelasan berikut mungkin telah membentuk beberapa dasar keputusan mereka untuk belajar online.

Waktu yang fleksibel

Belajar online bukanlah halangan bagi siswa yang memiliki tanggung jawab dan komitmen penuh waktu lainnya (pekerjaan, pengasuhan anak, mengatur kehidupan rumah tangga). Mereka dapat “menghadiri” kelas mereka pada waktu yang tepat.

Para siswa juga menghargai bahwa dalam pembelajaran online, mereka dapat “menghadiri kelas” sepenuhnya terjaga dan segar. Kehadiran mereka dibentuk sesuai dengan kebutuhan jadwal pribadi mereka sendiri.

Hal ini berbanding terbalik dengan waktu yang kaku selama 2 sampai 4 jam di kelas reguler di sekolah reguler. Terkadang, masalah muncul jika jadwal ini berbenturan dengan beberapa masalah pribadi yang penting.

Instruktur yang fleksibel

Dalam pendidikan online, instruktur – berdasarkan sifat pengaturan pembelajaran – lebih mudah didekati. Melalui obrolan online, email, dan newsgroup, siswa dapat berbicara secara terbuka dengan guru mereka. (Selain itu, ini meningkatkan kontak guru-siswa.)

Instruktur online terkadang datang dari bagian lain dunia. Ini menambah paparan siswa terhadap konsep dan pendekatan tambahan untuk masalah yang tidak dipelajari dari buku.

Pendekatan yang berfokus pada siswa

Salah satu faktor besar adalah aksesibilitas bahan belajar dan sumber daya lainnya 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Siswa dapat membaca kembali, meninjau dan menonton kembali materi multimedia ini.

Read More  Mendapatkan Sebagian Besar Pendidikan Online

Dalam sistem pendidikan online, “kehadiran kelas” hanya dapat dipastikan jika seorang siswa berpartisipasi dalam diskusi kelas. Partisipasi di sini berarti berinteraksi dengan instruktur dan sesama siswa lainnya melalui posting mereka di grup diskusi, atau email.

Keterampilan baru yang berguna

Menghadiri kelas online melalui internet mengajarkan keterampilan siswa dalam menggunakan teknologi terbaru. Keterampilan unik ini nantinya dapat berguna bagi siswa yang akan terjun ke dunia luar, terutama dalam pekerjaannya di masa depan. .

Pendidikan online memberi siswa untuk memahami dan mengalami gagasan pembelajaran tim secara langsung. Ini difasilitasi (dan didemonstrasikan dalam tindakan) di ruang obrolan dan newsgroup oleh instruktur.

Pengembangan kepribadian

Dalam pembelajaran online, untuk berpartisipasi dalam diskusi online (mengajukan pertanyaan, mengemukakan pendapat dan ide, membuktikan atau menyangkal pendapat orang lain, dll.) adalah inti masalahnya.
Ini adalah bagaimana kelas dalam pendidikan online beroperasi.

Bagian penting adalah tidak adanya kehadiran siswa yang sebenarnya saat diskusi berlangsung (selama berminggu-minggu, kadang-kadang) semua karena semuanya dilakukan melalui posting, email, dan pesan elektronik.

Anonimitas virtual ini (bahkan jika mereka saling mengenal) memberi siswa kepercayaan diri untuk datang dan “berbicara”. Mereka juga memiliki keuntungan karena dapat berpikir lebih lama tentang apa yang harus dikatakan, dan mengatakannya ketika mereka sepenuhnya siap.

Ini adalah beberapa manfaat nyata yang diberikan pendidikan online kepada siswa. Mungkin, gaya baru ini terasa lebih baik bagi mereka dan memberi mereka lebih banyak motivasi daripada apa yang dilakukan sekolah tradisional lama.